Tuesday, October 26, 2021

2 Cara Mencegah Copy Paste Artikel Pada Blog

More articles

Influencerhttp://influenzive.com
Seorang IT Enthusiasm memiliki impian menginfluens semua orang pada hal yang positif dengan cara yang benar

Cara mencegah copy paste blogspot maupun wordpress – Jika sudah memiliki banyak artikel dan banyak pengunjung, pasti sangat rentan sekali dengan pencurian konten atau copas.

Apalagi blog kamu memiliki konten original yang fresh dan banyak dicari orang. Tidak jarang ketika blog dicopy atau di AGC, kamu sebagai pemilik menjadi kesel.

Kenapa orang melakukan plagiarisme konten orang lain ?

Jawaban pertanyaan di atas karena orang ingin yang instan. Semakin kesini, search engine google mensyaratkan konten yang berkualitas untuk tampil tampil pada halaman satu.

Banyak artikel yang ada di page one, maka semakin bagus kualitas suatu blog tersebut.

Semakin berkualitas website atau blog tersebut, maka semakin mudah untuk mendapatkan layanan dari google.

kamu mungkin yang termasuk bahwa menulis artikel untuk dibaca orang. Itulah kenapa kamu selalu ingin bahwa yang kamu tulis bisa memberikan nilai guna bagi orang lain.

Tapi diluar sana, banyak para blogger “kardussan” yang membuat blog atau website dan menulis untuk google.

Tidak peduli dengan kualitas atau struktur websitenya. Tidak peduli dengan kualitas konten artikelnya. Yang penting punya banyak artikel dan sebissa mungkin ada di halaman pertama google.

Dan pada akhirnya kamu harus melindungi konten kamu dan mencari cara mencegah copy paste artikel di website kamu agar tidak sembarangan di comot orang.

Buat “copyright notice
Membuat copyright notice sebenarnya merupakan salah satu cara mencegah copy paste artikel di website kamu. Meskipun banyak orang sebenarnya yang tidak mengerti tentang fungsi copyright notice yang biasanya ada di bagian paling bawah halaman website.

kamu juga bisa menambahkan point-point untuk tidak mengambil konten di website kamu melalui halaman Terms kamu Condition atau biasanya dalam website berbahasa berada pada halaman Syarat dan ketentuan.

Artikel yang juga kami tulis karena masalah yang kami temui dan kustomisasi yang dilakukan pada portofolio website kami. Lihat selengkapnya artikel-artikel yang di tag sebagai “storefront” mungkin dapat membantu perencanaan membuat website atau blog WordPress menjadi lebih matang.

Simak Juga cara membuat safelink di wordpress dengan mudah dan terbaru

Cara mencegah copy paste wordpress artikel di website kamu

Akan sangat menjengkelkan rasanya ketika kamu mengetahui ada seseorang yang mencuri artikel kamu.

Jika dilakukan dengan menulis ulang, mungkin masih bisa di tolerir. Tapi ini dilakukan secara sporadis mulai dari paragraph pertama hingga paragraph terakhir. Alias hanya dengan melakukan copy paste.

Beberapa cara ini mungkin bisa mencegah orang untuk mencuri konten atau artikel kamu. Paling tidak, mereka tidak bisa se-enaknya melakukan copy paste.

 

Nah berikut cara mudah mencegah copy paste blog WordPress hanya dengan Instal Plugin.

Tips WordPress: Cara Mencegah Copy Paste Blog WordPress dengan Instal Plugin

Dengan menginstal Plugin ini, blog wordpress kamu dapat terhindar dari copy paste.

Plugin ini untuk mengantisipasi copy paste tersebut yaitu plugin unGrabber. Jika dilihat dari namanya, tentu sudah sangat jelas bahwa plugin ini dapat membantu mengantisipasi dari copy paste dan klik kanan di postingan blog.

Simak juga : Manfaat Prakerin bagi anak smk

Cara Instal Plugin unGrabber di Blog WordPress

Nah untuk menginstal plugin ini, hanya berfungsi bagi blog wordpress premium. Jika kamu menggunakan wordpress gratis, plugin ini tidak bisa diinstal, bahkan tidak bisa menginstal plugin apapun. Nah jika kamu pengguna self hosting atau wordpress premium, maka plugin ini dapat di instal langsung di blog kamu.

Berikut tutorial menginstal plugin unGrabber

1. Silahkan login dan masuk ke dasbor blog WordPress kamu.

2. Kemudian klik plugin dan pilih tambah plugin

Mencegah Copy Paste Blog WordPress dengan Instal Plugin

3. Kemudian masukan plugin unGrabber

Cara mencegah copy paste artikel blog wordpress blogspot

 

4. Jika sudah ketemu, kemudian klik “Pasang Sekarang“, setelah itu klik “Aktifkan”.

5. Jika sudah, silahkan cek di Plugin yang terpasang. Pastikan plugin unGrabber sudah terinstal dan aktif di blog kamu.

6. Silahkan kamu coba klik kanan pada postingan blog kamu untuk menguji apakah plugin tersebut berfungsi atau tidak.

Unduh Plugin unGrabber disini ya.

Nah, bagaimana sangat mudah bukan? Nah jika plugin sudah terinstal dan postingan kamu tidak bisa di klik kanan. Maka artikel origional blog kamu sudah aman dari copy paste atau AGC.

Demikian tips blog wordpress, cara mudah menginstal plugin anti copy paste di blog wordpress. Semoga sangat membantu terutama bagi kamu pengguna wordpress self hosting.

Cara Mencegah Copy Paste Artikel Dengan 5 baris Kode CSS. Pernah merasakan ketika sebuah artikel yang kamu buat dan di post di website kamu juga ada di website atau blog orang lain ? Apalagi jika artikel yang kamu buat termasuk ada sebuah riset, data atau tools yang kamu buat sendiri ? Ini beberapa cara yang bisa di lakukan untuk mencegah “pencurian” artikel kamu.

Cara Mencegah Copy Paste Artikel

Banyak cara mencegah copy paste artikel di website kamu. Mulai dari melakukan restrict pada beberapa artikel tertentu dan mengharuskan pengunjung untuk melakukan sesuatu untuk dapat mengakses konten tersebut. Atau sekedar untuk mempersulit orang melakukan copy paste dengan menambahkan beberapa baris kode CSS ke dalam file css kamu.

Tips – Trik dan Tutorial WordPress

Artikel kategori WordPress kami mungkin bisa membantu kamu mengkustom website WordPress kamu.

Kami banyak menulis tentang artikel, tips-trik dan tutorial WordPress. Yang di tulis berdasarkan masalah yang kami temui ketika sedang mengkustomisasi website kami sendiri.

Kebanyakan memang didapatkan dari sumber lain dengan disesuaikan pada skrip tema website yang kami gunakan.

Simak juga : Cara menghijaukan readability SEO dengan plugin Yoast

Cara Mencegah Copy Paste Artikel dengan Kode CSS

Cara mencegah copy paste artikel paling umum dengan mendisable “klik kanan” di browser pengunjung.

Mungkin ini akan sedikit membuat orang yang hendak melakukan plagiarisme agak sedikit susah. Dengan hanya beberapa kode CSS, kamu dapat mendisable klik kanan dan mencegah orang melakukan aksi “copy”.

Tambahkan beberapa baris kode CSS berikut ke dalam file additional CSS di halaman customizer website WordPress kamu.

/*antiCopas*/
* {
user-select:none;
-ms-user-select:none;
-moz-user-select:none;
-khtml-user-select:none;
-webkit-user-select:none;
-webkit-touch-callout:none;
}

Lindungi konten berharga kamu dengan melakukan restrict konten
Cara lainnya adalah dengan dengan “merestrict” beberapa halaman di website kamu. Kamu merasa bahwa website kamu begitu berguna karena mayoritas atau beberapa artikel kamu dibuat dengan riset yang panjang.

Walaupun mungkin tidak semua artikel dianggap penting, hanya beberapa artikel yang kamu bisa batasi dari orang yang hendak mengaksesnya.

Tapi bukan berarti bahwa artikel tersebut tidak dapat dibaca atau diakses sama sekali. kamu bisa membatasi lalu membiarkan orang untuk mengaksesnya setelah melakukan sesuatu.

Misalnya “memaksa” pengunjung untuk melakukan registrasi dan login dan kamu bisa membangun “community” di website kamu.

Atau minta mereka untuk “membayar” biaya berlangganan atau memberikan donasi. Apakah mereka mau untuk membayar hanya untuk sebuah konten. Tentu saja mereka akan mau membayar jika konten kamu benar-benar berguna.

Misalnya kamu mengelola sebuah website yang kontennya memuat data hasil riset. Yang datanya bisa memberikan revenue kepada para pembaca. Atau halaman website kamu yang memuat sebuah tools, dimana orang bisa memanfaatkan dan memberikan “impact” yang menguntungkan bagi mereka sendiri.

1 COMMENT

  1. Owh basis blog ini dari WordPress tho.
    Tampilannya menarik seperti media online gitu.

    Banyak blogger baru yang kadang gak malu copas utuh dari blog orang, mereka tidak tahu filosofi ngeblog yang sejati, mereka hanya tahu dan tergiur yang namanya adsense. Padahal bukan itu yang bisa dikejar seorang blogger sejati, walau unsur tujuan itu ada dalam list. Tapi tidak berarti dengan copas.

    Kadang ada blog yang tidak menginjinkan copas/ copy gitu.
    Kalau saya kebetulan blog nya dipakai untuk share, jadi saya butuh tetap memperkenankan bisa dicopas, karena kadang ketika mengetik di blog ada pandangan2 yang saya tulis, dan ingin menjadi tagline, pandangan itu saya copas dan saya sebarkan lagi.

    Karena buat saya blog jadi memory external untuk mengingat apa yang bisa saja terlupa dari apa yang saya pikirkan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest